a. Psikolog perkembangan akan mudah mengetahui pola perilaku apa yang diharapkan dari anak dan kapan pola tersebut digantikan dengan pola yang lebih matang.
b. Psikolog perkembangan memproleh kemudahan menyusun pedoman dalam memahami dan mengatasi penyimpangan penyesuaian diri yang terjadi pada individu.
c. Memungkinkan para orang tua dan guru membantu proses perkembangan anak pada saat yang tepat.
d. Memungkinkan para orang tua dan guru mempersiapkan anak atas perubahan yang bakal terjadi pada fisik, perhatian dan perilakunya.
Pendapat dari para ahli
1. Commenius
pengajaran harus menarik, guru harus tahu ciri khas anak, pengajaran lewat media dan usahakan semua anak terlibat dalam proses pembelajaran, berikan reward dan punishment agar anak bersemangat dalam belajar.
2. JJ Rosseau
campur tangan manusia mempengaruhi perkembangan anak, guru harus mengetahui perkembangan kejiwaan anak. Harus ada perpaduan antara keluarga dan lingkungan. Teori yang mendukungnya adalah Teori Nativisme yang dianut oleh JJ Rosseau dan Scopen Hour yang menyatakan bahwa lingkungan mempengaruhi perkembangan anak.
3. Pestalozie
pengajaran disesuaikan dengan perkembangan anak. Guru memiliki pengetahuan untuk diterapkan sesuai dengan perkembangan anak. Guru SD harus selaras, seimbang, serasi dalam menerapkan kognitif, afektif dan psikomotorik.
4. Frobel
Kreativitas dan aktivitas anak dapat dikembangkan melalui permainan anak.
5. Tie Deman and Prayer
Motorik, bahasa dan ingatan pengaruhi anak dalm menemukan ide-ide dasar pemikiran.
b. Psikolog perkembangan memproleh kemudahan menyusun pedoman dalam memahami dan mengatasi penyimpangan penyesuaian diri yang terjadi pada individu.
c. Memungkinkan para orang tua dan guru membantu proses perkembangan anak pada saat yang tepat.
d. Memungkinkan para orang tua dan guru mempersiapkan anak atas perubahan yang bakal terjadi pada fisik, perhatian dan perilakunya.
Pendapat dari para ahli
1. Commenius
pengajaran harus menarik, guru harus tahu ciri khas anak, pengajaran lewat media dan usahakan semua anak terlibat dalam proses pembelajaran, berikan reward dan punishment agar anak bersemangat dalam belajar.
2. JJ Rosseau
campur tangan manusia mempengaruhi perkembangan anak, guru harus mengetahui perkembangan kejiwaan anak. Harus ada perpaduan antara keluarga dan lingkungan. Teori yang mendukungnya adalah Teori Nativisme yang dianut oleh JJ Rosseau dan Scopen Hour yang menyatakan bahwa lingkungan mempengaruhi perkembangan anak.
3. Pestalozie
pengajaran disesuaikan dengan perkembangan anak. Guru memiliki pengetahuan untuk diterapkan sesuai dengan perkembangan anak. Guru SD harus selaras, seimbang, serasi dalam menerapkan kognitif, afektif dan psikomotorik.
4. Frobel
Kreativitas dan aktivitas anak dapat dikembangkan melalui permainan anak.
5. Tie Deman and Prayer
Motorik, bahasa dan ingatan pengaruhi anak dalm menemukan ide-ide dasar pemikiran.
Komentar
Posting Komentar